Tuesday 14 August 2007

Telah Ditemukan Lagu Indonesia Raya Yang Asli oleh Roy Suryo cs


Telah Ditemukan Lagu Indonesia Raya Yang Asli oleh Roy Suryo cs
Minggu, 05-08-2007 08:03:54 oleh: Krispianus Bheda
Kanal: Peristiwa
Penemuan video clip yang berisikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang asli ciptaan W.R. Supratman menggemparkan semua pihak. Roy Suryo, ahli telematika bersama tim merah putihnya telah menemukan pusaka bangsa berharga itu di negeri Belanda beberapa waktu lalu. Menurutnya lagu kebangsaan Indonesia Raya didokumentasikan oleh penjajah Jepang pada sekitar bulan September 1944.
Dalam versinya yang asli seperti diceritakan Roy Suryo, lagu Indonesia Raya mempunyai tiga stansa yang menarik। Stansa pertama berisikan tentang persatuan dan kesatuan bangsa. Stansa yang kedua berisikan tentang hubungan atau relasi antara kehidupan (manusia) dan sang Pencipta, dan stansa ketiga berisikan tentang penghormatan rakyat terhadap bangsa dan negara.

Jadi, lagu kebangsaan yang selama hampir enam puluhan tahun lebih kita kumandangkan sebetulnya hanyalah sepertiga dari lagu gubahan W.R Supratman yang asli tersebut, yakni hanya stansa yang pertama.
Terlepas dari siapa dan mengapa sampai lagu kebangsaan Indonesia Raya yang kita gemakan secara tidak lengkap sampai saat ini, namun pantaslah jika kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Roy Suryo dan tim merah putihnya. Lantaran kegigihan pencarian mereka sebuah pusaka bangsa ditemukan. Sungguh merupakan sebuah kado terindah untuk kemerdekaan bangsa. Serentak itu memupuk semangat nasionalisme kita untuk terus memburu pusaka-pusaka bangsa yang lain, yang mungkin sajah telah tenggelam bersama sejarah.
Merdeka.

Sumber gambar: sekolahindonesia.com




No comments: