Thursday 10 December 2009

Lukisan Tangan Berdoa

Taukah anda kisah tentang lukisan yang sangat banyak dipasang orang terutama orang kristen, didinding-dinding rumah mereka?; lukisan sebuah tangan yang sedang berdoa.

Kisahnya ada dua orang sahabat miskin yang mempunyai keinginan untuk sekolah; tapi kedua orang tersebut adalah orang yang tidak mampu; lalu pergilah mereka kekota, karena biaya sekolah mahal maka berundinglah kedua orang tersebut.
orang I: biarlah kau yang sekolah aku yang bekerja, nanti setelah kau lulus baru aku yang sekolah.
orang II: tidak kau saja yang sekolah aku yang bekerja. begitulah kedua sahabat itu berunding;

sampai pada akhirnya salah satu dari mereka ada yang sekolah dan yang satu lagi bekerja. Albert namanya yang sedang sekolah, belajar dengan giatnya, sampai akhirnya dia lulus dengan predikat yang sangat memuaskan. Dan temannya itu bekerja sebagai buruh, kasar apapun dilakukannya agar dia memdapatkan uang dan mengirimkanya untuk Albert sebagai biaya kuliahnya. Pulanglah Albert dan menemui temanya dirumah, sebelum dia ketok pintu, dia mendengar kawannya (sedang sekarat) sedang berdoa begini "ya Tuhan biarlah sahabatku Albert belajar dan lindungi dia beri dia kekuatan agar cita-cita kami tercapi, jari-jariku terasa mati, tulang-tulangku sudah tak mampu digerakkan, aku sudah tak bisa lagi untuk sekolah" akhirnya kawannya itu meninggal.

Untuk mengenang sahabatnya itu maka Albert membuat lukisan "TANGAN YANG SEDANG BERDOA" dan sampai sekarang banyak sekali dipasang orang dirumah-rumah.

Demikianlah cerita lukisan itu, semoga kita bisa menyimak arti sebuah persahabatan dan makna lain yang terkandung dalam lukisan itu.

"Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi." Yoh 13:34-35

"Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya." Yoh 15:13


Vincent Chua



No comments: