Tuesday 7 March 2017

PROSES DAN HASIL




 PROSES DAN HASIL mana yang lebih penting?

Dalam kehidupan sehari-hari sering sekali kita menemukan bahwa proses dan hasil selalu berjalan atau berbanding lurus. Proses yang baik tentu menghasilakan hasil yang baik.

Ada bebera pengalaman dari orang-orang yang pernah sekolah biasanya yang dipentingkan adalah hasil ujian atau nilai ujian, entah nyontek atau tidak yang penting nilai bagus dan lulus. Ini pun agak keliru Proses belajar sebenarnya adalah untuk memberikan hasil pemahaman yang benar sesuatu masalah. Hasil dari proses yang  instan biasanya akan tergeser dengan sendirinya ketika melewati masalah2 yang pelik dan sulit. Orang2 yang benar2 paham dan mengerti hasil dari proses pembelajaran yang akan mampu menyelesaikannya.

Dalam kehidupan beriman tentu proses sangat baik bagi kita, proses akan membawa pemahaman yang benar tentang iman dan kepercayaan kita. Sehingga hasil dari proses itu membawa kesadaran tentang keselamatan yang lebih mendalam didalamTuhan Yesus Kristus.

Keputusan untuk  bertobat  dan  menerima Yesus sebagai juruslamat dan Tuhan secara pribadi itulah suatu komitmen hasil dari suatu proses perenungan kita. Kisah tentang penjahat disebelah kiri Tuhan Yesus keputusan yang tepat serta perenungan diri membawa hasil yang baik bagi dirinya (Luk.23:39-43)

Bagi kita yang sudah diselamatkan, menjaga keselamatan yang sudah dianugrahkan itu suatu proses yang panjang yang harus kita lewati sehari ke sehari dalam hidup ini dan keputusan untuk tetap berada dalam jalur Tuhan itulah yang sangat penting hasil dari pemahaman yang benar.

Proses dan hasil memang sama2 penting, entah dari sisi mana kita mau melihatnya,  Memang dalam pertandingan lari yang terpenting cara berlari dengan sebaik2nya sehingga bisa masuk finis, baru dikatakan menyelesaikan pertandingan dengan baik ( 1 Kor 9 :24-27)  dan ( 2 Tim 4:7) 

Ketika kita meminta sesuatu kepada Tuhan pun ada proses yang harus dilewati sebelum dijawab doa kita (Mat 7:7-11) , (Luk 18:1-8)



1 comment:

Anonymous said...

kalau prosesnya baik tentu hasilnya baik bro....